R"REQUIRE LEARNER
PARTICIPATION"
(Mengharuskan Partisipasi Pemelajar)
1. Mengharuskan Partisipasi Pemelajar
Berdasarkan perkiraan Engelhart, Frust, Hill, dan Krathwohl
pada lebih dari 50 tahun yang lalu, perekonomian global saat ini mengharusan
para pengajar untuk memiliki pengalaman dan praktik, menerapkan, menganalisis,
mensintesis, mengevaluasi ketimbang sekedar mengetahui dan memahami informasi.
San konstruktivis.
} Gagasan konstruktivis
bahwa belajar merupakan proses mental aktif yang dibangun berdasarkan
pengalaman autentik yang relevan dimana para siswa akan menerima umpan balik
informatif, respons yang memungkinkan mereka mengetahui sejauh mana mereka
telah mencapai tujuan dan bagaimana meningkatkan kinerja mereka.
2. Melibatkan para pemelajar dalam menerapkan pengetahuan atau kemampuan baru dengan dukungan teknologi dan media
a.Macam-macam Teknologi
b.Permainan dan Simulasi Komputer
Macam-macam teknologi
a.Teknologi sebagai
Perkakas Teknologi.
Salah satu cara
paling umum dalam menggunakan teknologi dan media sebagai sarana yang
mengharuskan partisipasi siswa adalah melalui penggunaan peranti produktivitas.
Penggunaan perangkat tersebut memacu pembelajaran, meningkatkan produktivitas,
dan mendorong kreativitas (NETS-S#3) (ISTE,2000).
b. Teknologi sebagai
Perangkat Komunikasi.
NETS-S
mengindikasikan bahwa para siswa bisa menggunakan “telekomunikasi untuk
berkolaborasi, menerbitkan, dan berinteraksi dengan rekan sebaya mereka, ahli,
dan audiensi lainnya.” (NETS-S #4) (ISTE,2000).
c. Teknologi sebagai Perangkat Penelitian.
Penelitian telah
menunjukkan bahwa internet merupakan peranti komputer yang paling sering
diunakan (Fox,2005). Para siswa memiliki akses instan ke sumber daya yang
terbatas. Jadi, mereka dapat denga mudah menempatkan, mengevaluasi, dan
mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.” (NETS-S #5) (ISTE,2000).
d. Teknologi sebagai
Perangkat Penyelesaian Masalah dan Pengambilan Keputusan.
NETS-S
merekomendasikan, “ para siswa menggunakan teknologi untuk menyeleaikan masalah
dan membuat keputusan yang jelas.”
Cara-cara lain untuk melibatkan siswa dalam penyelesaian masalah adalah
¨Peranti lunak pendidikan merupakan salah satu sarana melibatkan para siswa dengan kemampuan yang beragam dalam aktivitas belajar individual yang difokuskan pada kemampuan dan pengetahuan dasar.
3. Menyediakan umpan balik kinerja sebelum penilaian formal
Umpan balik atau tanggapan bisa berasal dari guru, atau para siswa yang bekerja
di dalam kelompok kecil dan saling memberi umpan balik. Selain itu bisa juga
berasal dari komputer atau mentor.
Hal yang paling penting adalah para siswa menerima umpan
balik yang berguna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar