Welcome to my Blog

Terima kasih telah mengunjungi blog-ku..
silahkan mendownload materi" atau media pembelajaran dengan gratis..
Dan jangan lupa untuk berkomentar, join dan memberikan saran demi kemajuan blog-ku..

Sabtu, 25 Mei 2013

Model Pembelajaran ASSURE R"REQUIRE LEARNER PARTICIPATION"


R"REQUIRE LEARNER PARTICIPATION"
(Mengharuskan Partisipasi Pemelajar) 
 
   1. Mengharuskan Partisipasi Pemelajar
      Berdasarkan perkiraan Engelhart, Frust, Hill, dan Krathwohl pada lebih dari 50 tahun yang lalu, perekonomian global saat ini mengharusan para pengajar untuk memiliki pengalaman dan praktik, menerapkan, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi ketimbang sekedar mengetahui dan memahami informasi. San konstruktivis.
} Gagasan konstruktivis bahwa belajar merupakan proses mental aktif yang dibangun berdasarkan pengalaman autentik yang relevan dimana para siswa akan menerima umpan balik informatif, respons yang memungkinkan mereka mengetahui sejauh mana mereka telah mencapai tujuan dan bagaimana meningkatkan kinerja mereka.

 
2. Melibatkan para pemelajar dalam menerapkan pengetahuan atau  kemampuan baru dengan dukungan teknologi dan media
a.Macam-macam Teknologi
b.Permainan dan Simulasi Komputer
 

 
Macam-macam teknologi
a.Teknologi sebagai Perkakas Teknologi.
  Salah satu cara paling umum dalam menggunakan teknologi dan media sebagai sarana yang mengharuskan partisipasi siswa adalah melalui penggunaan peranti produktivitas. Penggunaan perangkat tersebut memacu pembelajaran, meningkatkan produktivitas, dan mendorong kreativitas (NETS-S#3) (ISTE,2000).
 
b.  Teknologi sebagai Perangkat Komunikasi.
    NETS-S mengindikasikan bahwa para siswa bisa menggunakan “telekomunikasi untuk berkolaborasi, menerbitkan, dan berinteraksi dengan rekan sebaya mereka, ahli, dan audiensi lainnya.” (NETS-S #4) (ISTE,2000).
c. Teknologi sebagai Perangkat Penelitian.
     Penelitian telah menunjukkan bahwa internet merupakan peranti komputer yang paling sering diunakan (Fox,2005). Para siswa memiliki akses instan ke sumber daya yang terbatas. Jadi, mereka dapat denga mudah menempatkan, mengevaluasi, dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.” (NETS-S #5) (ISTE,2000).
d.  Teknologi sebagai Perangkat Penyelesaian Masalah dan Pengambilan Keputusan.
  NETS-S merekomendasikan, “ para siswa menggunakan teknologi untuk menyeleaikan masalah dan membuat keputusan yang jelas.”

Cara-cara lain untuk melibatkan siswa dalam penyelesaian masalah adalah
¨Peranti lunak pendidikan merupakan salah satu sarana melibatkan para siswa dengan kemampuan yang beragam dalam aktivitas belajar individual yang difokuskan pada kemampuan dan pengetahuan dasar.
 
3. Menyediakan umpan balik kinerja sebelum penilaian formal
Umpan balik atau tanggapan bisa berasal dari guru, atau para siswa yang bekerja di dalam kelompok kecil dan saling memberi umpan balik. Selain itu bisa juga berasal dari komputer atau mentor.
Hal yang paling penting adalah para siswa menerima umpan balik yang berguna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar